Pengadilan Agama Kraksaan

Selamat Datang

Selamat datang disitus resmi Pengadilan Agama Kraksaan. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Kraksaan.
Selamat Datang

Marhaban Ya Ramadhan

Segenap keluarga besar Pengadilan Agama Kraksaan mengucapkan "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1440 H. Semoga Allah senantiasa memberi kita nikmat sehat, untuk menjalankan ibadah dibulan mulia ini.
Marhaban Ya Ramadhan

Zona Integritas

Menjadi salah satu program prioritas, Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pengadilan Agama Kraksaan Kelas 1 B.
Zona Integritas

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Oleh Tim Mahkamah Agung RI

Pada hari Selasa tanggal 30 April 2019 Tim dari Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI telah melakukan Evaluasi Penyerapan Anggaran
Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Oleh Tim Mahkamah Agung RI

PENGADILAN AGAMA KRAKSAAN BERBAGI MEMBERI SANTUNAN KEPADA FAKIR MISKIN YATIM PIATU DAN DHU’AFA

Pengadilan Agama Kraksaan, pada hari Rabu, 22 Mei 2019 M/17 Ramadan 1440, bertempat di ruang tunggu Pengadilan Agama Kraksaan sore hari menjelang buka puasa, dengan tema “Indahnya Berbagi”.
PENGADILAN AGAMA KRAKSAAN BERBAGI MEMBERI SANTUNAN KEPADA FAKIR MISKIN YATIM PIATU DAN DHU’AFA
JADWAL SIDANG INFORMASI PERKARA DIREKTORI PUTUSAN BIAYA PERKARA
JADWAL SIDANG Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak berperkara. INFORMASI PERKARA Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara. DIREKTORI PUTUSAN Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan. BIAYA PERKARA Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Kraksaan
22 Jan

Syarat-Syarat Mengajukan Perkara

Untuk mengajukan perkara di Pengadilan Agama Kraksaan diperlukan syarat-syarat sebagai berikut :

 

1. BIDANG PERCERAIAN,SEPERTI CERAI GUGAT DAN CERAI TALAK

 

  1. Foto Copy KTP Penggugat/Pemohon yang masih berlaku 1 lembar dan diberi meterai 6000, kemudian dilegis di Kantor Pos.
  2. Foto Copy Kutipan Akta Nikah Penggugat/Pemohon/Duplikatnya 1 lembar, dan diberi meterai 6000 kemudian dilegis di Kantor Pos.
  3. Menyerahkansurat gugatan/permohonan sebanyak 6 eksemplar, yang meliputi 3 untuk Majelis Hakim, 1 buah untuk Panitera Pengganti, 1 buah untuk Tergugat/Termohon dan 1 buah untuk dalam berkas.
  4. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BNI Syariah, yang jumlahnya sesuai dengan perhitungan Meja 1 yang tersebut dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar.
  5. Bagi pihak yang mengguganakan Kuasa Hukum, seperti Advokat/Pengacaraharus melampirkan surat kuasa khusus dan Foto CopyKartu Advokat 1 lembar yang masih berlaku.
  6. Bagi pihak yang menggunakan Kuasa Insidentil, harus menyertakan surat Izin dari Ketua Pengadilan Agama Kraksaan.
  7. Bagi pihak Penggugat/Pemohon yang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota TNI/POLRI, harus melampirkan surat izin bercerai dari atasannya.

 

Alasan-alasan perceraian yang dapat dibenarkan berdasarkan pasal 19 PP No.9 Tahun 1975 Pasal 116 Kompilasi Hukum Islam yaitu :

  1. Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabuk, pemadat, penjudi dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan.
  2. Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya.
  3. Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung.
  4. Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan pihak yang lain.
  5. Salah satu pihak mendapat cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami/isteri.
  6. Antara suami dan isteri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.
  7. Suami melanggar taklik talak.
  8. Peralihan agama atau murtad yang menyebabkan terjadinya ketidak rukunan dalam rumah tangga.

 

2. PERMOHONAN IZIN POLIGAMI

 

  1. Foto Copy KTP Pemohon yang masih berlaku 1 lembar dan diberi meterai 6000 kemudian dilegis di Kantor Pos.
  2. Foto Copy Kutipan Akta Nikah Pemohon /Duplikat dengan isteri pertama, apabila ingin menikah dengan calon isteri kedua, yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos.
  3. Surat Pernyataan dari isteri pertama bersedia untuk dimadu, yang diberi meterai 6000 dan ditandatangani oleh isteri pertama.
  4. Surat Pernyataan Sanggup Berlaku Adil dari Pemohon (suami) yang diberi meterai 6000 dan ditandatangani oleh Pemohon (suami).
  5. Surat Keterangan Penghasilan Pemohon yang dibuat oleh Lurah/Kepala Desa tempat tinggal Pemohon.
  6. Surat permohonan izin poligami sebanyak 6 rangkap yang memuat alasan-alasan ingin poligami.

       Alasan yang dibenarkan untuk Poligami berdasarkan ketentuan pasal 4 ayat (2) UU N0.1 Tahun 1974 yaitu :

  1. Isteri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri.
  2. Isteri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan.
  3. Isteri tidak dapat melahirkan keturunan.

      Pasal 5 ayat (1) untuk mengajukan permohonan izin poligami ke Pengadilan Agama harus dipenuhi syarat-syaratnya sebagai berikut :

  1. Adanya persetujuan dari isteri/isteri-isteri.
  2. Adanya kepastian bahwa suami mampu menjamin keperluan-keperluan hidup isteri-isteri dan anak-anak mereka.
  3. Adanya jaminan bahwa suami akan ber5laku adil terhadap isteri-isteri dan anak-anak mereka.

 

7. Bagi Pemohon yang mengunakan kuasa hukum seperti Pengacara/Advokat, harus melampirkan Surat Kuasa Khusus dan foto copy Kartu Advokat yang masih berlaku 1 lembar.

8. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BRI Unit Gagas yang jumlahnya sesuai dengan taksiran meja 1 yang tersebut dalam SKUM (surat Kuasa Untuk Membayar). 

 

3. ISBAT NIKAH

 

  1. Foto copy KTP Pemohon I dan Pemohon II yang masih berlaku, dan diberi meterai 6000 yang dilegis di Kantor Pos.
  2. Permohonan Isbat nikah tidak terkait dengan perkawinan poligami.
  3. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BNI Syariah yang jumlahnya sesuai dengan taksiran Meja 1 yang tersebut dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar).
  4. Bagi yang menggunakan Kuasa Hukum, harus menyertakan Surat Kuasa Khusus.
  5. Surat Permohonan Isbat Nikah dibuat 6 exsamplar. 

 

4. GUGATAN HARTA BERSAMA

 

  1. Foto Copy KTP Penggugat yang masih berlaku 1 lembar yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos.
  2. Foto Copy Kutipan Akta Nikah Penggugat/Duplikatnya, 1 lembar yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos, jika pengajuan gugatan harta bersama tersebut bersama-sama dengan gugatan perceraian.
  3. Foto Copy Akte Cerai 1 lembar yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos, jika pengajuan gugatan harta bersama setelah terjadinya perceraian Penggugat dengan Tergugat
  4. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BNI Syariah, yang jumlahnya sesuai dengan taksiran Meja 1 seperti tersebut dalam SKUM(Surat Kuasa Untuk Membayar).
  5. Bagi Penggugat / Tergugat yang menggunakan Kuasa Hukum seperti Pengacara/Advokat, harus melampirkan Surat Kuasa Khusus dan Foto Copy Kartu Anggota Advokat yang masih berlaku 1 lembar.
  6. Surat gugatan dibuat 6 eksemplar, masing-masing 3 untuk majelis hakim, 1 buah untuk PP 1 buah untuk Tergugat, dan 1 untuk dalam berkas. 

 

5. GUGATAN WARIS

 

  1. Foto Copy KTP Penggugat/ Para Penggugat, jika penggugatnya banyak yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos.
  2. Silsilah Ahli waris yang dibuat oleh Kepala Desa/Lurah tempat tinggal Penggugat.
  3. Surat Keterangan Kematian Pewaris dari Lurah/ Kepala Desa tempat tinggal pewaris.
  4. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BNI Syariah yang jumlahnya sesuai dengan taksiran meja 1 yang tersebut dalam SKUM ( Surat Kuasa Untuk Membayar).
  5. Bagi Penggugat yang menggunakan kuasa hukum Pengacara/Advokat, harus melampirkan Surat Kuasa Khusus dan foto copy Kartu Anggota Advokat yang masih berlaku.
  6. Surat Gugatan dibuat 3 buah untuk majelis Hakim, 1 buah untuk PP , 1 buah untuk dalam berkas, dan sejumlah pihak dalam gugatan waris tersebut. 

 

6. PERKARA LAINNYA

Untuk mengetahui syarat-syarat mengajukan perkara selain tersebut di atas, dapat menghubungi Meja Informasi Pengadilan Agama Kraksaan, atau telpon ke (0335) 841213.

 

Last modified on Wednesday, 23 January 2019 01:51
Nadia Ayu Savitri, S.ST.

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
More in this category: Prosedur Pembayaran via Bank »

3 comments

  • PPV Traffic

    Do you have a website with more info on this?

    posted by PPV Traffic Sunday, 19 May 2019 00:30 Comment Link
  • Buy Cheap Targeted Traffic

    What's the point of writing about this?

    posted by Buy Cheap Targeted Traffic Wednesday, 15 May 2019 23:23 Comment Link
  • coreldraw latest version free download

    Thanks for sharing your ideas. I would also like to state that video games have been actually evolving. Modern tools and innovations have assisted create authentic and enjoyable games. These entertainment games were not as sensible when the real concept was being attempted. Just like other designs of electronics, video games way too have had to develop by many years. This is testimony towards fast growth and development of video games.

    posted by coreldraw latest version free download Wednesday, 15 May 2019 09:31 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kraksaan

Jl. Mayjend Sutoyo No.69, Patokan, Kraksaan, Probolinggo,

Jawa Timur 67282  

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

0335-841213
0335-843400

Tautan Aplikasi

Copyright © 2019 Pengadilan Agama Kraksaan. All Rights Reserved.